Mengenai Saya

Foto saya
Magelang, jawa tengah, Indonesia
luky is the opportunity to meet with the ability

Jumat, 05 Agustus 2011

Sejarah motor injeksi di Indonesia

Apa saja motor injeksi yang ada di indonesia? 
Honda mengaku sebagai pelopor pertama kalinya memproduksi motor injeksi di Indonesia . Terbukti (1 Desember 2005), PT Astra Honda Motor (AHM) selaku produsen motor Honda di tanah air meluncurkan Honda Supra X125 PGM-FI. gebrakan Honda memproduksi bebek injeksi menjadi pioner di Indonesia.

Sistem injeksi yang dipasok pada Supra X125 PGM-FI basisnya sama dengan teknologi injeksi Honda Wave 125i seri kedua (terbaru). Hasil tes Honda Motor Co. Japan, konsumsi bensin Supra X125 PGM-FI (injeksi) terbukti 6% lebih hemat dibanding model Supra X125 karburator.


Berikut Spesifikasi  Supra X 125 PGM-FI


SPESIFIKASI

Panjang X lebar X tinggi : 1.889 mm x 702 mm x 1.094 mm
Jarak sumbu roda : 1.242 mm
Jarak terendah ke tanah : 136 mm
Berat kosong : 107 kg
Tipe rangka : Tulang punggung
Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe suspensi belakang : Lengan ayun dan peredam kejut ganda
Ukuran ban depan : 70/90 - 17 M/C 38P
Ukuran ban belakang : 80/90 - 17 M/C 44P
Rem depan : Cakram double piston
Rem belakang : Cakram single piston
Kapasitas tangki bahan bakar : 3,7 liter
Tipe mesin : 4 langkah, SOHC, pendinginan udara
Diameter x langkah : 52,4 x 57,9 mm
Volume langkah : 124,8 cc
Perbandingan kompresi : 9,0 : 1
Daya maksimum : 9,18 PS/7.500 rpm
Torsi maksimum : 0,99 kgf.m /5.000 rpm
Kapasitas minyak pelumas mesin : 0,7 liter pada penggantian periodik
Kopling Otomatis : Otomatis sentrifugal
Gigi transmsi : kecepatan bertautan tetap
Pola pengoperan gigi : N-1-2-3-4-N (rotari)
Starter : Pedal dan elektrik
Aki : 12 V - 3,5 Ah
Busi : ND U20EPR9 / NGK CPR6EA-9
Sistem pengapian : Full transistorized

Tak mau kalah dengan Honda, diam-diam PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) selaku produsen motor Yamaha di Indoneisa juga mempersiapkan jagoan berteknologi injeksi. Bedanya, jika Honda memilih varian bebek 125 cc, Yamaha sebaliknya menjagokan tipe sport 150 cc. Dan akhirnya, 7-8 April 2007 lewat turing Jakarta-Bandung menandai peluncuran Yamaha V-Ixion 150 cc injeksi. Hasil tes konsumsi bahan bakar, pihak YMKI mengklaim 1 liter bensin mampu menempuh jarak antara 45 km hingga 50 km.



SPESIFIKASI

Panjang X lebar X tinggi
:
2.000 m x 705 mm x 1.035 mm

Jarak sumbu roda
:
1282 mm

Jarak terendah ke tanah
:
167 mm

Berat kosong
:
125 kg

Tipe rangka
:
Pressed Backbone (Delta box)

Tipe suspensi depan
:
Teleskopik

Tipe suspensi belakang
:
Lengan Ayun, Suspensi Monocross

Ukuran ban depan
:
2,75 ? 17 41P

Ukuran ban belakang
:
90/90 ? 17 M/C 49 P

Rem depan
:
Cakram

Rem belakang
:
Tromol

Kapasitas tangki bahan bakar
:
12 liter

Tipe mesin
:
4 langkah, SOHC, pendinginan  cairan

Diameter x langkah
:
57.0 x 58.7 mm

Volume langkah
:
149.8 cc

Perbandingan kompresi
:
10.40 : 1

Daya maksimum
:
14.88 HP / 8.500 rpm

Torsi maksimum
:
13.1 N.m / 7.500rpm

Kapasitas minyak pelumas mesin
:
0,95 liter pada penggantian periodik

Kopling Otomatis
:
Basah, Kopling manual, Multiplat

Gigi transmsi
:
Return, 5 Kecepatan

Pola pengoperan gigi
:
1 - N - 2 - 3 - 4 - 5

Starter
:
Pedal dan elektrik

Aki
:
YTZ5S-MF (MF Battery)

Busi
:
CR8E (NGK)

Sistem pengapian
:
T.C.I / Transistorized Coil Ignition (Digital)



Meskipun sedikit tertinggal, Suzuki  juga melakukan gebrakan serupa. Pada gelaran 28th Bangkok International Motor Show 2007 di Thailand. Beberapa prototype motor injeksi ikutan dipamerkan. Suzuki memamerkan Shogun 125 injeksi dan Suzuki Shogun 125 injeksi resmi dipasarkan di Indonesia.desain motornya tetap spt new shogun 125, yang membedakan cuma cover body yang bertuliskan FI yang bisa diartikan Fuel Injection. dan cover tutup knalpot.Langkah Suzuki dinilai cukup berani, menantang honda dengan model yang sama,




Tidak ada komentar:

Posting Komentar