Perlu diketahui, artikel ini dirancang untuk memberikan Anda gambaran awal tentang apa yang harus dicari saat membeli mobil bekas dan mungkin dapat membantu Anda untuk menghindari mobil bekas dengan potensi masalah,Sebagai langkah terakhir sebelum membeli, bawa mobil ke mekanik pilihan Anda untuk pemeriksaan menyeluruh mekanik. Berhati-hati ketika melakukan setiap tes pada mobil,
Bayangkan, Anda sedang mencari mobil bekas. Anda memasuki dealer dan melihat bahwa mobil tampak bagus. Anda menyukainya dari pandangan pertama. Sementara itu, tenaga penjual berkeliaran dan mengatakan "Hari ini khusus" - "Kita perlu membersihkan persediaan!", - "Kami bahkan merugi pada kesepakatan ini!" dan Anda harus memberikan deposit sekarang atau jika tidak Anda akan menyesal selama sisa hidup Anda! "- kedengaranya sangat akrab dengan pembicaraan itu dan anda pasti merasa beruntung karena mendapat harga yang spesial
Anda memutuskan - "kesepakatan!" - Berjabat tangan, Anda senang, penjual senang. Akhirnya, Anda punya mobil baru.
Beberapa minggu kemudian Anda melihat asap biru ketika Anda menstarter mobil di pagi hari. Beberapa bulan kemudian Anda menemukan bahwa tidak ada oli yang tersisa di mesin dan akhirnya mobil Anda diderek ke garasi.
Artikel ini akan memberi Anda ide yang dapat membantu Anda untuk menghindari masalah seperti membeli mobil bekas.
Ini adalah apa yang saya akan rekomendasikan untuk setiap pembelian mobil bekas.
Hal-hal yang perlu anda ketahui sebelum pergi memeriksa mobil bekas.
Ketika membeli mobil bekas, tanpa diragukan lagi, periksa dulu kelengkapan surat-surat mobil. Beberapa mobil mungkin dihapusbukukan oleh asuransi karena kecelakaan serius. Mobil Banyak yang telah diubah jarak tempuh, dan sebagainya.
Jika melihat mobil bekas Anda catat masalah dengan mesin (misalnya: kebisingan mesin atau kebocoran oli) atau perilaku abnormal jangan biarkan tenaga penjual untuk menyesatkan Anda. Umumnya, kerusakan tersebut tidak pernah hilang dengan sendirinya. Jika Anda memiliki keraguan, pindah - ada begitu banyak mobil tersedia.
Carilah interval ganti oli Mungkin mengemudi lebih dari seribu mil tidak akan menyebabkan kerusakan yang signifikan, namun 3-4000 mil di atas interval ganti oli yang direkomendasikan dapat menyebabkan masalah serius di masa mendatang. Perlu diingat, bahwa mesin modern, terutama yang dengan turbo charger peka terhadap interval ganti oli.
Bagaimana untuk memeriksa Oli
Parkir mobil di tempat menanjak, matikan mesin dan tarik rem tangan. Temukan stick oli mesin, dan menariknya keluar, bersihkan dengan kain bersih dan masukkan kembali. Tarik keluar lagi dan lihat dari dekat. Jika anda tidak pernah memeriksa tingkat oli ikuti link ini, Bagaimana memeriksa oli mesin.
buruk baik |
Nah pemeliharaan mesin mungkin memiliki oli yang bersih dan tingkat oli yang tepat (gambar kanan), meskipun hal ini tidak berarti bahwa mesin dalam kondisi baik, oli bisa saja telah diubah baru-baru ini.
Carilah kebocoran
Jika mesin terlihat sangat bersih dan berkilau bukan berarti ia tidak memiliki kebocoran. Mungkin dealer telah mencuci dengan sampo mesin sebelum meletakkannya untuk dijual. Tapi ada trik - lihat di bawah kendaraan menggunakan lampu senter Anda. Periksa bagian bawah mesin dan transmisi. Semuanya harus kering. Air conditioner normal apabila menetes dari tabung AC .tabung pembuangan biasanya terletak di sisi penumpang firewall.
Jika mungkin, lihat bagian internal melalui leher pengisi oli
(Jangan membuka tutup oli ketika mesin sedang berjalan!)
kotor bersih |
lumpur oli di cap silinder |
Dengan mesin dimatikan,buka tutup oli mesin dan melihat ke dalam melalui lubang pengisi oli. Gunakan senter kecil. Jika mungkin untuk melihat bagian internal di sana, periksa kondisi mereka. Jika Anda melihat banyak penumpukan lumpur hitam di dalam mesin itu berarti bahwa oli mesin belum diganti untuk waktu yang lama, atau mesin mengalami panas, atau oli yang digunakan berkualitas buruk .
Mesin yang terawat dengan baik biasanya terlihat cukup bersih di dalamnya, jika Anda memeriksa beberapa mobil model yang sama sangat mudah untuk melihat perbedaannya. Namun, sekali lagi, jika mesin tersebut terlihat bersih di dalamnya tidak berarti bahwa ia tidak memiliki masalah lain.
Timing belt
Banyak mobil, terutama dengan mesin empat-silinder, memiliki timing belt yang perlu diganti pada interval tertentu - biasanya antara 60.000 hingga 100.000 mil (100.000 hingga 160.000 km). Sulit untuk memeriksanya karena timing belt ada pelindungnya.meskipun,sudah ditempel stiker penggantian timing belt di atas mesin (lihat gambar) yang menunjukkan tanggal dan jarak tempuh ketika sabuk itu diganti. anda tetep harus memeriksanya.
Periksa asap
Sebuah asap biru saat start-up mungkin menunjukkan masalah mesin . Suatu asap hitam berarti mesin mengkonsumsi terlalu banyak gas - Kemungkinan masalah dengan injeksi bahan bakar. Sebuah uap putih (asap) dengan bau manis berasal dari knalpot bahkan setelah mobil sepenuhnya menghangat mungkin menunjukkan gasket kepala silinder buruk atau kemungkinan lainya adalah kondisi mesin itu sendiri yang sudah rusak dibagian piston. sehingga terjadi kebocoran oli.
seharusnya tidak ada asap sama sekali (mesin diesel mungkin memiliki asap hitam sedikit itu adalah normal). Sedikit uap air putih dan air kondensat menetes dari knalpot adalah normal.
Dengarkan suara ketika mesin sedang berjalan
Tidak boleh ada suara-suara kuat,berderak itu menunjukkan bagian-bagian mesin internal. Bersiul mungkin disebabkan oleh belt longgar. Jika mesin membuat suara-suara terlalu banyak, hindari membeli mobil bekas tersebut (namun, mesin diesel selalu lebih berisik, itu normal).
Lihatlah panel instrumen
Seharusnya tidak ada lampu peringatan seperti "tekanan oli rendah"terlalu panas", atau "check engine" dll pada panel instrumen ketika mesin sedang berjalan.
Jika mobil telah "check engine" atau lampu peringatan lain menyala saat mengemudi,maka pertimbangkan sebelum memutuskan untuk beli mobil. dalam beberapa kasus masalah untuk perbaikan bisa sangat mahal.
Test drive
Cobalah untuk test drive mobil selama Anda bisa. Cobalah untuk mempercepat, melambat, bawa di jalan raya jika itu mungkin. Semakin banyak Anda berkendara, semakin banyak kesempatan Anda menemukan kemungkinan masalah. Jika Anda merasa apapun yang dapat menunjukkan masalah mesin (misalnya, getaran, berderak kebisingan, asap, stir yang berat atau tidak bisa kembali keposisi,dll) hindari membeli mobil separti itu. Jika Anda memiliki keraguan tentang cara drive mobil, toko di sekitar, ada banyak mobil bekas yang tersedia. Kadang-kadang penjual mungkin mencoba untuk mendorong Anda untuk membeli mobil hari ini dan sekarang karena "besok aku tidak akan memberikan harga ini" atau "Saya memiliki pelanggan yang akan membeli mobil ini besok" - Jangan terburu-buru, luangkan waktu Anda untuk berpikir.
Pemeriksaan Mekanik
Sebagai langkah terakhir sebelum membeli mobil bekas, bawalah mobil anda untuk diperiksa mekanik berpengalaman pilihan Anda.
Jangan Dan Jangan.
- Jangan membeli mobil jika Anda melihat asap dari pipa knalpot - hanya uap air dan air kondensat menetes dari pipa .OK.
- Jangan membeli mobil jika mesin mengetuk atau bekerja terlalu berisik.
- Jangan membeli mobil dengan jarak tempuh tinggi. Saya akan merekomendasikan untuk menghindari mobil dengan lebih dari 145.000 - 150.000 mil (230.000 - 240.000 km)
- Jangan membeli mobil yang memiliki beberapa masalah mesin walaupun tampaknya mudah untuk memperbaiki
- meminta bantuan seseorang yang berpengetahuan untuk memeriksa kendaraan sebelum Anda membelinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar